Cara Install Xdebug

Mungkin beberapa dari readers sekalian, masih belum tahu apa itu Xdebug, Xdebug adalah tools yang digunakan untuk melakukan debug pada bahasa pemrograman PHP, dan tools ini sangat populer dikalangan developer PHP, karena sangat mudah setup nya dan mudah penggunaan nya.

Walaupun jika dibandingkan dengan bahasa lainnya seperti Java, Go, Dart, Rust, C# dll, bisa dikatakan PHP adalah bahasa yang sangat sulit untuk melakukan debugging, jika readers adalah programmer PHP yang biasa menggunakan Framework Laravel, mungkin biasanya readers menggunakan perintah dd() untuk melihat apakah data yang di tampilkan benar atau tidak nya, dan sesuai atau tidak nya, dan jika readers adalah programmer javascript pasti untuk memastikan informasi yang akan di jadikan response, biasanya akan menggunakan console.log().

Mungkin bagi readers yang baru mengetahui debug atau debugging, mungkin akan sadar bahwa penggunaan dd() atau console.log() hanyalah menghabis kan waktu readers dalam menyelesaikan sebuah tugas.

Bahkan tidak sedikit programmer yang memahami debugging, dan cara menggunakan nya.

Namun untuk kali ini yang akan dibahas hanyalah cara instalasi Xdebug untuk digunakan oleh para readers yang dalam hal ini adalah seorang programmer.

Jika readers adalah pengguna sistem operasi Linux & Mac OS bisa menggunakan package manager yang secara instalasi lebih mudah namun untuk artikel ini, akan mempraktikan installasi secara manual, dan cara manual ini dapat di implementasi oleh beberapa sistem operasi seperti Windows, Linux ataupun Mac.

1. Buka phpinfo() seperti gambar dibawah ini

PHP Info

2. Lalu masuk ke situs berikut https://xdebug.org/wizard

3. Tekan CTRL + A dan CTRL + C di halaman phpinfo() pada step 1 diatas

4. Lalu paste phpinfo() tersebut pada step 2, dan kurang lebih akan seperti gambar dibawah ini

5. Lalu tekant tombol “Analyse my phpinfo() output”, maka kurang lebih akan tampil seperti dibawah ini

6. Download xdebug tersebut pada link yang di tandai pada gambar dibawah ini

7. Setelah di download maka copy, hasil download tersebut ke direktori atau folder pada step ke dua, kurang lebih akan seperti gambar dibawah ini

8. Lalu buka php.ini dengan text editor yang ada pada step ke 3 seperti gambar dibawah ini

Dan tambahkan kode yang di awali oleh kata “zend_extension” lalu masukan ke php.ini seperti gambar dibawah ini, zend_extension ini harus sesuai dengan dimana readers menyimpan xdebug nya seperti yang dilakukan pada step 7

Dan tambahkan kode berikut dibawah zend_extension

xdebug.mode = debug
xdebug.start_with_request = yes
xdebug.discover_client_host = 1
;xdebug.client_host = "127.0.0.1"
;xdebug.client_port = 9003
xdebug.idekey = "SECRET"
xdebug.connect_timeout_ms = 1
xdebug.log_level = 0

Dan xdebug.idekey bisa di ganti menjadi kata-kata selain “SECRET”, key tersebut akan digunakan untuk melakukan debugging.

Untuk menggunakan Xdebug readers perlu me-restart web server nya, untuk kasus saya, saya menggunakan Apache, jadi saya perlu me-restart Apache nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You May Also Like
Read More

Socket IO

Socket IO adalah teknologi yang digunakan untuk membuat aplikasi anda menjadi realtime, atau mungkin anda butuh teknologi yang…
Read More

PHP Clockwork

Apa kalian pernah dengar PHP Debug Bar ? atau mungkin Laravel Debug Bar ? kalo gitu perkenalkan PHP Clockwork yang jauh lebih powerfull dibanding debug bar lainnya.